Monday, June 27, 2022
EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Sekretariat Nasional Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI)

NINDHITA PROBORETNO

Co-Coordinator

Nindhita Proboretno atau yang biasa disapa Nindhi selain berperan sebagai National Co-Coordinator AZWI, juga bekerja untuk salah satu anggota AZWI yaitu Nexus3 Foundation sebagai Zero Waste Program Officer. Walaupun memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran dan Master of International Development dari Massey University New Zealand, namun ketertarikan di isu sampah telah membuatnya aktif di dunia persampahan selama 10 tahun. Bagi perempuan yang saat ini berdomisili di pulau Bali, isu sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab masyarakat dan pemerintah saja namun korporasi juga memiliki andil penting dalam pengelolaan sampah.

RAHYANG NUSANTARA

Co-Coordinator

Rahyang Nusantara, S.P., M.I.Kom memiliki lebih dari 8 tahun pengalaman dalam kampanye lingkungan. Ia memperoleh gelar Sarjana Pertanian dari Universitas Padjadjaran, Bandung (2012) dan Magister Ilmu Komunikasi dari Universitas Paramadina, Jakarta (2019). Dia saat ini bekerja sebagai Koordinator Nasional Gerakan Kantong Plastik Diet Indonesia. Kegemarannya dalam masalah lingkungan membuatnya bekerja bersama pemerintah, bisnis, pakar, organisasi masyarakat sipil, terutama kelompok pemuda. Ia juga tergabung dalam organisasi global; Anggota inti di Break Free From Plastic Movement, Komite Penasihat Regional di Aliansi Global untuk Insinerator Alternatif (GAIA), dan Koordinator Jaringan di Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN) Youth – Indonesia.

ASEP VANCER DIPATIUKUR

Communication Officer

Asep Vancher Dipatiukur atau biasa disapa Ukuy/Vancher, pria kelahiran 1995 ini sejak SMA aktif di organisasi dan mulai tertarik untuk mempelajari isu-isu sejak duduk di bangku kuliah yang membuatnya memiliki beberapa proyek sosial dan bermimpi untuk aktif di dalam sebuah NGO yang dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk sekitarnya. Staf Komunikasi Aliansi Zero Waste Indonesia ini lulusan bisnis manajemen dengan fokus bidang pemasaran di Universitas Widyatama Bandung, yakin dengan istilah “the best way of learning about anything is by doing” membuat ukuy berani mengambil langkah untuk bergabung di Aliansi Zero Waste Indonesia ditambah telah resah dengan permasalahan sampah sejak SMA

SITI DZAKIYYAH

COMMUNICATION OFFICER

Siti Dzakiyyah atau yang akrab disapa Kia adalah seorang jurnalis lepas yang hobi berpetualang. Ia lahir di kota Bertuah, Pekanbaru sebagai anak kedua dari empat bersaudara. Kia memulai karirnya sebagai seorang jurnalis sejak menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada 2013 lalu. Tak sampai disitu, ia kemudian dipercayai beberapa media nasional untuk menjadi jurnalis di bidang politik, hukum dan HAM selama hampir 3 tahun di Ibukota Jakarta. Setelah hijrah dari kota kelahirannya untuk menempuh pendidikan S1 di kota Kembang, Bandung, gadis berdarah campuran Melayu, Minang dan Sunda ini aktif sebagai anggota Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (Mahapeka) dengan konsentrasi Gunung Hutan hingga saat ini. Ketertarikannya pada isu lingkungan hidup dimulai sejak itu pula. Berbagai kegiatan dan aksi lingkungan dilakukannya dengan harapan anak cucunya bisa menikmati dunia lebih baik dari sebelumnya. Hal ini pula, yang mendasari Gadis kelahiran 13 Juli 1995 ini untuk ikut bergabung sebagai Staf Komunikasi Aliansi Zero Waste Indonesia.

EINGE SEBAYANG

Finance Officer

Einge Sebayang, biasa disapa Inge, lahir di Medan 1987. Sehari-harinya bekerja di perusahaan bahan baku makanan. Lulus S1 jurusan Akuntansi dari Universitas Sumatera Utara dan pindah ke Jakarta untuk bekerja. Sebelum bergabung di Aliansi Zero Waste, beberapa kali mengikuti kegiatan sosial lain, seperti bergabung di komunitas Sahabat Anak dan mengikuti kegiatan Donor Darah di beberapa tempat. Mulai bergabung dengan Aliansi Zero Waste di awal tahun 2020, membantu sebagai staff finance, sekaligus bisa menambah pengetahuan mengenai permasalahan sampah di Indonesia. Berharap dengan adanya keterlibatan dalam organisasi ini bisa membantu untuk memberikan edukasi baik ke diri sendiri maupun ke inner circle -nya untuk lebih memperhatikan isu sampah di lingkungan sekitar

Ahmad Zakia Alfi Daroja

Content Officer

Dilahirkan hari Senin Kliwon, 01 Maret 1999 di Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak. Laki-laki yang menaruh perhatian lebih pada dunia visual. Selain itu ia juga gemar mendaki gunung, berkebun, membaca, dan masih banyak lagi. Sekarang, 2020, ia masih berstatus mahasiswa di UIN Walisongo Semarang (Jurusan Pendidikan Agama Islam) dan aktif di organisasi ekstra maupun intra kampus. Sementara di luar lingkaran perkampusan, ia hari ini mengemban tanggung jawab menjadi Kepala Suku Komunitas Pecinta Alam (KPA) Pashtunwali Semarang.

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.